Tentang Program Studi Teknik Industri (Industrial Engineering)
Teknik Industri adalah cabang teknik yang berhubungan dengan optimalisasi proses atau sistem yang kompleks. Hal ini berkaitan dengan pengembangan, peningkatan, implementasi sistem terpadu dari orang, uang, pengetahuan, informasi, peralatan, energi, material, analisis dan sintesis, serta ilmu matematika, fisika dan sosial bersama dengan prinsip dan metode rekayasa desain untuk menentukan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan diperoleh dari sistem atau proses.

Teknik Industri bekerja untuk menghilangkan pemborosan waktu, uang, bahan, jam kerja, waktu mesin, energi, dan sumber daya lain yang tidak menghasilkan nilai. Mereka merancang proses dan sistem yang meningkatkan kualitas dan produktivitas.

Kenapa di SGU
Program Teknik Industri di Swiss German University telah berjalan sejak Agustus 2006. Desain (struktur dan isi perkuliahan) dari program Teknik Industri menggabungkan beberapa pendekatan dari departemen yang ada, seperti Mekatronika, Administrasi Bisnis, Teknologi Informasi dan Ilmu Komunikasi di Swiss German University. Dengan belajar di SGU, para lulusan akan memiliki kemampuan untuk menangani otomatisasi produksi / pabrik dan berhubungan dengan kegiatan manajemen industri, seperti optimasi, desain pekerjaan, kontrol produksi, analisis biaya dan menggunakan alat dan metodologi teknologi informasi untuk menganalisis dan memecahkan masalah manajemen industri terkait.

Untuk mendapatkan gelar sarjana di Teknik Industri SGU, para mahasiswa harus menyelesaikan 144 SKS di setidaknya 8 semester perkuliahan. Para siswa harus menyelesaikan program magang di Indonesia pada semester ketiga dan program magang di Jerman pada semester enam (syarat dan ketentuan berlaku).

Proyek tesis harus diselesaikan dalam waktu satu semester. Tesis ini harus dipertahankan dengan memuaskan pada ujian lisan yang akan diadakan dengan melibatkan Profesor dari universitas partner SGU sebagai salah satu penguji. Sebagian dari penelitian yang ada dapat diterapkan di luar kampus termasuk dengan melibatkan perusahaan atau industri, lokal atau luar negeri.

Prospek Karir

Lulusan Teknik Industri bisa berkarir sebagai production engineer, manajer pabrik, manajer rantai pasokan (supply chain) dan perencana, analis operasi, pengembang produk, quality engineer, direktur pembelian, konsultan peningkatan proses, analis sistem informasi, dll. Lulusan teknik industri sangat berkualifikasi untuk bekerja sebagai karyawan dan sebagai pengusaha. Lulusan teknik industri bisa bekerja di berbagai organisasi, termasuk industri manufaktur, utilitas, transportasi, sistem perawatan kesehatan, lembaga keuangan, dan semua tingkat instansi pemerintah.