Tentang Program Studi Teknik Farmasi (Pharmaceutical Engineering)
Swiss German University (SGU) adalah universitas pertama dan satu-satunya yang menawarkan gelar sarjana (S1) di bidang Teknik Farmasi di Indonesia, dengan lulusan saat ini yang memantapkan karir mereka sebagai profesional di perusahaan nasional dan multi-nasional. Teknik Farmasi adalah konsentrasi program studi Teknik Kimia, dengan fokus pada desain, operasi dan optimalisasi proses dalam industri farmasi. Program studi ini menggabungkan perspektif teoritis dengan pengalaman nyata dalam industri farmasi melalui program magang di Indonesia dan di Jerman.

Apa yang Dipelajari?
Ilmu dasar dan mata kuliah laboratorium (Kimia, Fisika, Matematika, dan Mikrobiologi) dipelajari pada tahun pertama untuk membangun pengetahuan dasar yang kuat bagi para mahasiswa. Pada semester selanjutnya, mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip Teknik Kimia, Operasi Unit Farmasi, Proses Farmasi dan Desain Proses, Praktik Manufaktur yang Baik di Industri Farmasi, Keselamatan Pabrik, Kimia Farmasi, dan mata kuliah lain yang relevan.

Melalui kombinasi teori dan pengalaman praktis industri selama program magang di Indonesia dan Jerman, para mahasiswa dilengkapi dengan kompetensi yang kuat yang diperlukan untuk pekerjaan profesional masa depan mereka.

Kenapa di SGU?
Para alumni program studi Teknik Farmasi SGU sangat diminati oleh banyak industri di bidang farmasi, kimia, herbal, dan produk kosmetik, serta perushaan yang berhubungan dengan peralatan dan mesin farmasi di Indonesia. Permintaan untuk lulusan Teknik Farmasi di Indonesia sangat tinggi, dan karena itu masa tunggu bagi lulusan untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan setelah lulus. Program studi ini menawarkan pengetahuan lengkap dan kompetensi yang baik dalam ilmu farmasi dan konsep teknik kimia umum bagi para lulusan, guna mempersiapkan mereka untuk karir profesional masa depan mereka.

Prospek Karir
Para lulusan memiliki peluang karir untuk bekerja di perusahaan farmasi, kimia, herbal, kosmetik nasional dan multi-nasional. Selain itu, mereka juga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan mesin dan peralatan yang terkait dengan farmasi, baik pabrikan maupun pemasok. Selain itu, mereka juga memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai konsultan, peneliti, dosen dan pengusaha.