Tentang Program Studi Teknik Biomedika (Biomedical Engineering)
Biomedical Engineering adalah bidang studi yang menerapkan prinsip-prinsip rekayasa untuk menemukan solusi masalah dalam biologi dan kedokteran dengan tujuan meningkatkan perawatan kesehatan. Progam ini menggabungkan ilmu dasar dan teknik untuk mengembangkan, meningkatkan, dan menghasilkan peralatan medis atau metodologi medis.

Program magang lokal dan internasional akan memperkenalkan siswa ke lingkungan manajemen rumah sakit, industri medis, dan lembaga penelitian tidak hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri..

Apa yang Dipelajari
Pada tahun pertama, mahasiswa akan belajar ilmu dasar, dasar-dasar elektronik dan pemrograman, dan juga laboratorium. Selanjutnya, mereka akan belajar lebih jauh tentang elektronik dan pemrograman, serta ilmu kedokteran. Para mahasiswa juga akan mendapatkan pengalaman penelitian di tahun berikutnya guna mempersiapkan mereka untuk magang di luar negeri. Pada tahun terakhir dari studi mereka, mahasiswa akan belajar penerapan beberapa bidang teknik biomedis untuk mempersiapkan mereka masuk ke bidang pekerjaan.

Kenapa di SGU?
Teknik Biomedika adalah bidang yang sedang berkembang. Aplikasi dari program ini sangat luas, seperti pengembangan alat medis, rehabilitasi dan alat bantu, pencitraan medis, rekayasa sel, bioinformatika, dan banyak lagi. Studi di Teknik Biomedika SGU akan mempersiapkan siswa untuk masuk ke industri tersebut.

Prospek Karir
Karir lulusan Teknik Biomedika terbuka di rumah sakit modern sebagai clinical engineer, di industri peralatan medis, dalam bisnis instrumen laboratorium, dan di lembaga penelitian dan pengembangan.