Tentang Program Studi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (Communication and Public Relations)
Program Ilmu Komunikasi inovatif SGU menggabungkan studi media, komunikasi dan budaya dengan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di salah satu sektor ekonomi global yang tumbuh paling cepat. Di SGU kami menyediakan dua konsentrasi dalam Ilmu Komunikasi yang mempersiapkan siswa untuk berbagai peluang karir yang menarik.

Setelah tiga semester pertama dengan mata kuliah pengantar dan kegiatan orientasi seperti pelatihan praktis dan lokakarya, para mahasiswa dapat memutuskan konsentrasi yang mereka minati; baik Hubungan Masyarakat dan Manajemen Reputasi atau Jurnalisme Internasional. Di semester 6, diadakan program magang yang akan memberi mahasiswa kesempatan untuk memahami lingkungan kerja antar budaya di perusahaan kelas ternama di Jerman, Swiss, atau di tempat lain di dunia.

Program Ilmu Komunikasi SGU memiliki dosen yang merupakan lulusan terbaik dari universitas dalam dan luar negeri serta memiliki pengelaman yang komprehensif dalam industri dan bisnis komunikasi.

Lingkungan belajar antar budaya kami yang unik dan produktif menawarkan siswa kondisi ideal untuk mempersiapkan karir profesional mereka.

Apa yang Dipelajari?

Saat ini, Hubungan Masyarakat (Humas / PR) telah berkembang menjadi proses komunikasi strategis yang mencakup pembangunan citra (image building) , branding dan reputasi, manajemen konflik dan krisis yang efektif, strategi komunikasi terpadu, pemasaran dan periklanan, kebijakan dan pengambilan keputusan, dan membangun hubungan dan koneksi dengan banyak pemangku kepentingan internal dan eksternal. Di SGU, kami mempersiapkan para mahasiswa untuk berhasil merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi strategi hubungan masyarakat dalam konteks internasional dan multikultural.

Di era global ini pula, Jurnalisme telah menjadi lebih dari sekadar mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menyajikan berita atau artikel berita di media cetak, penyiaran dan online. Konsentrasi Jurnalisme Internasional di SGU diarahkan pada pergeseran global dalam industri jurnalisme dengan mengintegrasikan berbagai bentuk praktik jurnalisme dalam kerangka perubahan teknologi, politik dan budaya. Lulusan kami di Jurnalisme Internasional akan masuk dunia jurnalistik sebagai wartawan profesional yang utuh, dilengkapi dengan pengetahuan di bidang-bidang di luar jurnalisme seperti ekonomi internasional, politik, budaya dan sosiologi.

Kenapa di SGU?

Program Komunikasi dan Hubungan Masyarakat di SGU berorientasi untuk menjadi salah satu program Ilmu Komunikasi terkemuka di Indonesia, profesional dan memiliki pandangan internasional.

  • Memberikan pengalaman belajar mengajar berkualitas di bidang Komunikasi, didukung oleh kurikulum terbaru sesuai dengan perkembangan di bidang ilmu komunikasi dan kebutuhan pasar.
  • Menyediakan dan memfasilitasi penelitian yang dilakukan oleh “civitas academica” untuk mengembangkan bidang ilmu komunikasi.
  • Menerapkan hasil pengembangan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sosial.
  • Mengorganisir kerja sama dengan industri komunikasi, lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat.

Prospek Karir

SGU menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi di bidang hubungan masyarakat dan / atau jurnalisme yang memiliki disiplin dan siap untuk menjadi spesialis komunikasi di lingkungan industri komunikasi internasional.