Tentang Program Studi
Salah satu perhatian dunia saat ini adalah bagaimana kehidupan dapat berlanjut secara berkelanjutan. Tiga faktor penting adalah makanan, energi, dan suplai air. Program studi baru di SGU, Energi Terbarukan dan Lingkungan, di bawah Departemen Teknik Kimia, fokus pada energi, khususnya energi terbarukan, konservasi energi, lingkungan, dan sumber daya air, serta mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan guna mendukung perkembangan ini, untuk Indonesia dan untuk dunia.

Apa Yang Dipelajari
Dalam program Energi Terbarukan dan Lingkungan, ilmu dasar dan mata kuliah laboratorium (Kimia, Fisika, Kalkulus, dan Ilmu Material) akan dipelajari pada tahun pertama selain mata kuliah yang berhubungan dengan energi dasar seperti Pengantar Kebijakan Energi dan Lingkungan.

Pada tahun kedua, mahasiswa akan belajar mengenai Hydro Energy, Bioenergi, Energi Matahari, dan Energi Angin, prinsip-prinsip Teknik Kimia, proses, dan keterampilan industri, misalnya Teknik Kimia Matematika, Termodinamika, Operasi Unit, dan Teknik Reaksi Kimia. Selanjutnya, pada paruh kedua di tahun yang sama, para mahsiswa akan melakukan magang (lokal).

Pada tahun berikutnya, mahasiswa akan belajar lebih banyak tentang proses dan teknologi industri untuk mempersiapkan mereka sebelum magang di luar negeri. Satu semester perkuliahan pada tahun ini diadakan di Ernst – Abbe – Hochschule Jena – Universitas Ilmu Terapan, yang fokus pada Kimia Lingkungan, Pengolahan Limbah dan Efisiensi Sumber Daya, Ecobalance, Pasokan Energi Terdesentralisasi, Pemurnian Air, Metrologi Lingkungan dan Proses. Semester selanjutnya, para mahasiswa melanjutkan tinggal di Jerman untuk melakukan magang mereka di Industri yang berfokus pada energi dan lingkungan.

Pada tahun terakhir dari studi ini, perkuliahan akan berfokus pada topik Plant Safety, Ekonomi Industri, Manajemen, dan Plant Design untuk mempersiapkan siswa untuk dunia profesional.

Kenapa di SGU?

  • Merupakan program studi pertama di Indonesia yang fokus kepada energi terbarukan dan lingkungan.
  • Memiliki peluang untuk mendapatkan Dual Degree (Gelar Ganda) dengan mengikuti program kerjasama SGU dengan partner university SGU di Jerman.
  • Memiliki peluang untuk magang lokal dan di luar negeri, yang akan memberikan nilai tambah saat akan memasuki dunia kerja.

Prospek Karir

Para lulusan dari program Energi Terbarukan dan Lingkungan ini bisa bekerja di sektor energi baru dan terbarukan, serta sektor lain seperti teknik kimia, petrochemical, minyak sawit, perusahaan minyal dan gas, serta berbagai perusahaan yang memiliki fokus terhadap konsercasi energi dan lingkungan. Selain itu, para lulusan juga berpeluang untuk bekerja sebagai konsultan, engineer, specialist, peneliti dan pengusaha.